Catch Me If You Can

Posted on 1 Februari 2012

3


Sudah lama film ini menghuni harddisk di laptop saya. Tapi baru minggu kemarin saya sempat menonton film ini. Telat banget sih. Hehe

Ceritanya berkisah mengenai pengeran seorang penipu ulung oleh seorang polisi. Penipu ini, yang bernama Frank William Abagnale Jr, sangat lihai dalam melancarkan aksinya. Dimulai saat usia yang masih sangat muda (16 tahun), Frank yang saat ini sedang kecewa dengan perceraian orang tuanya, melarikan diri, dan menyamar menjadi Airline pilot  untuk mendapatkan uang.

Karena saya ngotot pilih subtitle bahasa Inggris kalo nonton film, dan saya menonton film ini dalam keadaan mabuk,  mmm maksud saya ngantuk, jadilah saya tidak begitu ngeh teknisnya bagaimana si Frank ini bikin peniupuan-penipuan itu. Meski begitu, saya terkesan dengan tokoh Frank di film ini.

Dia telah berhasil berpura-pura menjadi :

1. Jadi guru

Saat baru masuk sekolah baru (pindah), dia berpura-pura jadi guru pengganti di kelasnya. Dan semua temannya percaya kalo dia guru pengganti. Akibat perbuatannya ini, ortu Frank dipanggil ke Sekolah, karena guru yang sebenarnya tersinggung.

2. Airline Pilot

Dia jadi Pilot bukan untuk mengoperasikan pesawat, tapi supaya bisa jadi deadhead. Mr deadhead alias free rider. Pengen deh sekali-kali nyoba. Hari gini masih bisa gak ya? #Ngayal Menurut wiki, Frank setidaknya telah menempuh 1,000,000 miles on over 250 flights and flew to 26 countries, lewat perusahaan Pan Am. pun sekalian sama hotel penginapannya. Bagoooossss,,,,,

3. Asisten Dosen Sosiologi di Columbia University. Cinta Laura sekarang lagi kuliah di sini sekarang.

4. Dokter

5. Pengacara. Kalo dari film, dia jadi pengacara karena dikenalkan dengan ayah pacarnya yang punya perusahaan konsultan hukum. Frank mengaku lulusan dari Harvard.

@@@

Frank William Abagnale Jr adalah nyata.

Sekarang masih hidup, dan mendirikan  Abagnale & Associates, which advises businesses on fraud. Jadi ilyuner dan masih bekerja sebagai konsultan FBI. Anaknya sendiri juga ada yang bekerja di FBI.

@@@

Sedangkan karakter  Carl Hanratty, polisi yang terus mengejar Frank, yang di film dimainkan oleh Tom Hanks, tokoh nyatanya bernama Joe Shea.

Mereka berdua terus bersahabat sampai akhirnay Joe Shea meninggal dunia.

@@@

Begitulah, sistem yang dibuat manusia tidak ada yang sempurna. Frank mengajarkan kepada kita, bahwa bahkan perusahaan penerbangan besar sekelas Pan Am, serta universitas ternama sekelas Columbia dan Harvard, bisa kecolongan juga.

Di sisi lain, ada sistem yang sangat sempurna yang diciptakan oleh Tuhan. Jangan sampai, kita tidak akan bisa membobol sistem itu. Sistem apakah itu? Yaitu sistem penghitungan pahala dan dosa. Kita tak akan mampu mengelak.

Posted in: Movie