#1 Drive

Posted on 25 Januari 2012

0


Beberapa hari ini kita dikejutkan dengan berita mengenai tragedi penabrakan 12 orang (9 diantaranya tewas) yang terjadi di aerah tugu tani, jakarta. Berita tersebut tentu saja membuat kita shock, apalagi begitu diketahui bahwa penabraknya adalah seorang wanita, yang dikemudian hari diketahui telah mengkonsumsi narkoba jenis ekstasi.

Sedikit banyak, cerita tersebut membuat saya takut mengendarai mobil. Ya, dan saya baru masih dalam tahap belajar menyetir mobil.

Saya termasuk orang yang angin-anginan, termasuk ketika belajar menyetir mobil.

Sebenarnya sudah lama saya mulai belajar menyetir mobil. Sudah terbilang beberapa bulan yang lalu, diajari Apri yang juga baru kursus menyetir mobil. Kami memakai mobil Katana di lapangan parkir depan GKN II Semarang. Seandainya berani, bisa saja dulu saya langsung turun ke jalan.

Kemudian setelah beberapa minggu belajar sama Apri, saya memutuskan untuk ikut kursus menyetir mobil di daerah Erlangga, depan RS Roemani. Baru berangkat sekali, dan karena malas, sampai saat ini saya belum melanjutkan. Poor me.😦

Long weekend kemarin, saya minta ke kakak belajar mobil di rumah. But, they just ask me why I dont take a driving course instead. Huh😦

Liburnya 3 hari, tapi saya belajarnya cuma sehari. Yes sama aja. Hehe

***

Berikut ilmu yang saya dapat sampai saat ini:

MENYALAKAN MOBIL

1. Pakai sabuk pengaman. Kaki kanan siap menginjak pedal gas (dan pedal rem), kaki kiri siap menginjak pedal kopling.

2. Pastikan gigi pada posisi netral, lalu nyalakan mesin mobil

3. Buka handrem

4. Injak pedal kopling, dan masukkan ke gigi satu

5. Lepas kopling pelan-pelan sembari menginjak pedal gas pelan-pelan juga

BERJALAN

1. Jaga terus keseimbangan kopling dan gas

2. Saat kopling diinjak, gas dilepas. Kopling diinjak langsung sampai pol dan dilepas pelan-pelan. Jangan melepas kopling langsung.

2. Sebaliknya rem dinjak pelan-pelan, dan boleh langsung dilepas. Kalau rem diinjak langsung sampai pol mesin bisa mati.

BELOK DAN LEWAT POLISI TIDUR

1. Injak rem pelan-pelan, sampai kecepatan sedang

Posted in: Drive