01 – 01 – 2012

Posted on 1 Januari 2012

0


Waktu adalah pedang. Membantu atau malah melukai, tergantung kemampuan kita menggunakannya.

Waktu berjalan begitu cepat. Tak terasa hari pertama tahun 2012 sudah berlalu. Dan aku tak juga menghasilkan sesuatu.

***

Malam tahun baru ini, aku menghabiskan waktu di Masjid Al Ikhlas, Graha Padma, ikut pengajian malam, ngaji bareng, dan tentu saja, Tahajud berjamaah.

Pesan yang di-share sama mas-nya , intinya adalah, hal wajib apa saja yang harus kita goalnya untuk tiap tahun. Dan untuk beberapa tahun selanjutnya. DIantaranya adalah:

1. Aspek Ruhani, yang bisa kita buat dalam bentuk target-target ibadah uluhiyah.

Berapa kali solat Subuh jamaah di masjid. Berapa kali dalam sebulan kita harus solat tahajud. berapa halaman Al Quran yang harus kita baca tiap hari.

Ini penting. Mengingat kita tidak bisa menentramkan hati, kecuali dengan dzikir. Ruhani yang terbiasa berdzikir, Insya Allah akan tenang. Hati yang tenang, akan mampu menjalani hidup dengan lebih baik.

2. Aspek Occupation, intinya sih, pendapatan tahun depan targetnya berapa kali pendapatan tahun ini. That’s something.

And, as an employee, ya aku harus bikin usaha sendiri kalo emang mau melipathgandakan penghasilan. Atau pindah ke Oil Gas Company or BUMN. Hehe

3. Aspek Sosial. Ini nih yang Pe eR banget buat saya.

Mengingat saya ini orang antara susah gaul dan salah gaul. 😐 .

***

Paginya, sepulang dari sana, aku dan apri menyempatkan diri ke Pantai Maron. Menyambut matahari pertama 2012.

Sempat merenung sejenak dan merekam video ini:

Waktu berjalan sangat cepat. Hari, Bulan, Tahun, sekana tiada artinya jika kita tak mampu memanfaatkan dengan baik.

Seperti juga tahun 2012 ini. Akan hilang begitu saja, tanpa jejak, secepat ombak kecil menghapus tulisan 2012 yang kutulis di pasir.

***

Ada 1 hadis yang disampaikan tadi malam, yang membuat saya mikir.

“Sebelum sempat kaki melangkah pada hari qiyamah kelak manusia akan dimintai pertanggungjawaban tentang empat hal :

1. tentang umurnya digunakan untuk apa,

2.masa mudanya bagaimana dimanfaatkan,

3. harta bendanya dari mana didapatkan serta untuk apa dibelanjakan dan

4.  tentang ilmunya, apa yang sudah dia amalkan “ ( al-Hadist )

Posted in: Uncategorized