TUMBEN BETAH BACA :)

Posted on 24 Agustus 2010

0


dulu, aku senaaaaaang sekali baca buku.
makan sambil baca buku, nonton tv sambil baca buku, nunggu toko sambil baca buku, nonton tv sambil baca buku, ke belakang sambil baca buku (hihihi,,,,,,, malu banget ngaku yg ini🙂, nonton tv sambil baca buku, nganterin ayah sambil baca koran, nonton tv sambil baca buku, pokoknya bacaaaaaa terus. tapi kok,,,, nonton tv???? hihihi,,, iya, aku memang betaaaah banget nonton tv.
bagaimana awalnya aku sendiri juga tidak tahu dan tidak menyadarinya. dulu, ketika masih kecil, aku menabung uang saku untuk membeli majalah anak-anak, kadang bobo yang ada paman kikuknya, kadang mentari bersama hamindalid dan similikitinya, pernah juga tablo yang isinya seputar dunia perkomikan, ada tabloid fantasi, trus hopla, dan beberapa lain yang tak bisa kuingat. mengetahui kesukaanku tersebut, kakaku yang tinggal di Balikpapan kalau mudik kadang bawain komik bekas punya sepupuku. aku senang, tapi tetap tidak begitu suka membaca komik.
menginjak bangku SMP, Zico, teman sebangkuku kadang membawa novel remaja. iseng aku meminjam dan membacanya, semacam lupus, olga sepatu roda, animorphs, harry potter, dan lain-lain. dari situlah aku mulai merasakan nikmatnya membaca buku, terutama novel. apalagi kalau sudah membaca yang namanya Lupus, bisa ngakak sendirian deh, kayak orang gila. kadang sampai diketawain keluargaku.
kemudian dilanjutkan di Bangku SMA. di sana, aku mengenal novel-novel Islami dan para pengarangnya, seperti Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Gola Gong, Boim lebon, dan kawan-kawan. aku pun menikmatinya. perasaan haru pas baca “Ketika Mas gagah Pergi”, kocaknya “Aisyah Putri”, dan untuk yang tidak begitu terkenal aku malas membacanya. kayak baca kotbah. hehehehe,,, dasurrrr!!!!!! mungkin juga karena tertarik dengan bahan bacaan yang lain.
yaitu “Sifat Sholat Nabi” yang ditulis oleh Nasiruddin An Nabani, benar-benar membuat aku tercengang. membuka mata, dan kemudian bagaikan Pendekar menekukan pedangnya, aku menerapkannya di solatku setiap hari. aku terprovokasi. aku menganggap bahwa akulah yang paling benar. aku menyalahkan orang-orang yang kuanggap solatnya masih salah di sekitarku, walaupun cuma dalam hati. hehehe,,,,,,
semakin ke sini, bacaanku mulai beralih pada buku-buku tazkiyatun Nafs, mengenai hati, yaaa,,, sufi-sufi gitu deh. “Niat dan Ikhlas”nya Ustadz Yusuf Qaradhawi (sampai saat ini, ulama yang paling aku seneng dan sreg ya yang satu ini. hehehe,,🙂, “Tarbiyah Ruhiyah”nya ustadz Abdullah Nashih Ulwan, yang sukses bikin ane termehek-mehek, dan beberapa buku yang sudah aku lupa. Hayyyaaaahhhh,,,,,, payah!
dan akhirnya kenallah aku pada buku motivasi dan ilmu pengetahuan. semacam Spiritual Qoutient-nya karen Amstrong, bukunya Ary Ginanjar Agustian, Rich Dad Poor Dad-nya Robert T Kiyosaki, dan lain-lain, yang kadang malah membuatku bingung, dan malah unmotivated. aku gak bisa menangkap konsep mereka. gak tau kenapa. akhirnya aku malah lari ke buku-buku IPTEK, macam Fisika Universitas, latihan soal Matematika, Fisika lagi, Matematika lagi, gak tau kenapa aku benar-benar menikmatinya. seperti menemukan Harta Karun. hihihi,,, aneh gak sih???
Yah, akhirnya terdamparlah aku di Planet STAN. gak bisa kemana-mana. semua apa yang pernah kubaca seakan hilang entah kemana. aku benar-benar terdampar di Planet ini. kerakusanku pada buku pun seakan sudah “sembuh”, dan kedoyananku pada tivi semakin menjadi. maklum, di samping kamar suara tivi senantiasa setia menemaniku. di sini pula ketertarikanku pada yang namanya Film alias Movie, mendapatkan tempatnya. dulu masih ada “Sunday evening Movies” di Metro TV, yang untungnya pada jam tayangnya hanya aku yang nonton tivi. jadilah,,,,,, hiyaaaa!!!!!
***
dan aku lupa pada kawan lamaku yang bernama “buku”
***
hanya sekali dua aku mengisi waktu bersama, misalnya pada saat booning Laskar Pelangi, dan Ayat-ayat Cinta, serta Da Vinci Code. tapi bukan kenikmatan yang aku dapatkan, melainkan hanya penasaran. **emmmm,,,, agak aneh ya kalimatnya???**
***
dan voilaaa,,,,,, di Ramadhan kali ini, minggu ini, sudah 4 Novel aja sudah aku lahap:
1. Ocehan si Mbot.
2. The Naked Traveler
3. Bumi Cinta
4. Perahu Kertas
dan aku menikmatinya.
rasa itu keluar lagi!!!!!
aku jadi kehilangan ketika aku kehabisan bahan bacaan.
semoga dengan menulis, aku bisa mengingat kembali saat-saat indah bersama buku.
yaitu dengan menulis reviewnya.
next post yaaaa,,,,,🙂🙂🙂

Posted in: Uncategorized