siapakah george soros?

Posted on 10 Februari 2010

0


Soros memang keturunan Yahudi tapi bukan warga Israel, dia warga Inggris-AS (tidak jelas mana yang dia pegang). Keluarganya berasal dari Yahudi Hongaria yang melarikan diri ketika Nazi-Jerman menginvasi negeri itu. Soros bukan “dewa” yang bisa dengan tangannya sendiri menciptakan krisis dan kekacauan, dia cuma spekulan investor yang pandai memanfaatkan situasi krisis, dengan memprediksi akan datangnya suatu krisis maka dia mempersiapkan cara-caranya untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya. Misal pada 1992 dia menjual secara cepat lebih dari 10 milyar dolar AS, laba dari Bank of England. Dia berhasil mendapatkan kira 1,1 milyar dolar AS dalam proses tersebut. Sehingga dia diberi julukan “orang yang menghancurkan Bank Inggris”.

Dia sendiri mengakui bahwa dia seorang oportunis tulen yang senang dengan “resiko tinggi”, kecanduan menempuh resiko (risk junkies) itulah dia. Soros tidak seperti ekonom lebih menjurus ke arah filsuf ekonomi, gurunya di sekolah ekonomi Inggris adalah filsuf besar Karl Popper, ajaran Poper yang membuat Soros mengembangkan teori ”filosofi refleksitas” merupakan sebuah kepercayaan yang meyakini bahwa mawas diri adalah bagian dari lingkungan, tindakan-tindakan cenderung menyebabkan kekacauan dalam keseimbangan ekonomi.

Keterlibatan Soros di Indonesia bukan hanya pada Krismon 98 saja, tapi pada perdamaian Aceh juga, Soros selain spekulan investor juga seorang dermawan (dalam caranya yang aneh ). Dia menginvestasikan 20.000 hektar lahan perkebunan sawit, untuk bisa menghidupi 2.500 KK di Aceh, karena ribuan eks-pengikut GAM belum mendapat tunjangan hidup dari pemerintah dan ini bisa mengancam perdamaian disana. Oh ya…Soros juga salah satu pendukung Democrat AS dialah sekutu utama Obama dan demokrat di AS dan sangat membenci republikan terutama ketika masa Pemerintahan George W Bush, dia sampai sesumbar bahwa menendang Bush dari kursi kepresiden AS adalah “tujuan utama hidupnya”. Bush dan Republik jatuh karena kemerosotan ekonomi AS, tidak heran bukan ?

Kalau soal dia ada rencana mau beli klub sepakbola seperti AS Roma, itu saya baru dengar dari Anda tuh…hahaha

sumber: http://forum.detik.com/showthread.php?t=141592&page=2

Posted in: Uncategorized